Polresta Mataram Catat Banyak Pengendara Abaikan Keselamatan Lalu Lintas dan Prokes Covid-19

0
176
Polresta Mataram Catat Banyak Pengendara Abaikan Keselamatan Lalu Lintas dan Prokes Covid-19
Foto: Personil Polresta Mataram Sedang Bertugas

BARBARETO.com | Petugas Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, mencatat masih banyak pengendara yang mengabaikan keselamatan lalu lintas dan protokol kesehatan COVID-19. Minggu, (08/05)

“Seperti pengendara yang tidak menggunakan helm, menggunakan bak terbuka mengangkut orang dan tidak menggunakan masker saat berkendara,” kata Kepala Satlantas Polresta Mataram Kompol Bowo Tri Handoko SE SIK saat dikonfirmasi.

Bowo menyampaikan hal tersebut berdasarkan catatan dalam gelar Operasi Ketupat Rinjani 2022 yang terlaksana selama 12 hari dari tanggal 28 April 2022 hingga 9 Mei 2022.

“Dalam operasi ini ada banyak pelanggaran lalu lintas yang ditegur secara lisan oleh petugas baik yang abai dengan prokes maupun kelengkapan berkendara,” ujarnya.

Baca juga : Ungkap Kasus Eksploitasi Anak, Polresta Mataram Amankan 1 Tersangka

Namun demikian, katanya, ada sebanyak 500 lebih pelanggar yang tercatat dan dipantau dalam kegiatan operasi Ketupat Rinjani 2022.

Kepolisian tidak memberikan tindakan langsung (tilang). Melainkan, petugas lapangan menindaklanjuti pelanggaran itu dengan bentuk teguran.

“Sesuai dengan amanah Koorlantas Mabes Polri, kita tidak melakukan penilangan namun dengan melakukan tindakan preemtif dan preventif,” ucapnya.

Selain mencatat bentuk pelanggaran dalam operasi kepolisian ini, Bowo mengungkapkan bahwa belum menumbuhkan kesadaran berlalu lintas dan pentingnya kesehatan bersama.

Meskipun demikian, pihaknya tetap melakukan evaluasi. Ketaatan dalam kelengkapan berkendara, memahami rambu lalu lintas, dan pemahaman prokes COVID-19 dinilai masih rendah.

“Makanya kita melakukan tindakan preemtif dan preventif. Lebih memberikan pemahaman yang kuat kepada masyarakat,” tutupnya