Jumat, April 12, 2024

Terima Kunjungan Balai BPOM, Bupati Lotim Sampaikan Harapannya Untuk Perkembangan UMKM

barbareto.com | Lombok Timur – Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy Senin menerima kunjungan kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) di Mataram I Gusti Ayu Adhi Aryapatni Senin, (17/01).

Kunjungan dimaksudkan menyampaikan berbagai program BBPOM di Mataram yang akan dilaksanakan tahun 2022 ini. Kunjungan ini juga sebagai tindak lanjut keinginan Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur untuk lebih meningkatkan kualitas dan produksi UMKM di daerah ini.

Bupati Sukiman pada pertemuan yang berlangsung singkat di ruang kerja Sekretaris Daerah tersebut berharap BBPOM di Mataram dapat mendukung upaya Pemda mendorong UMKM untuk lebih maju melalui fasilitasi sesuai kewenangan BBPOM.

Sebab Bupati percaya produk UMKM Lombok Timur mampu bersaing dengan produk dari daerah lainnya. Tidak hanya produk makanan, Pemda juga merekomendasikan garam.

Baca juga : Bupati Lotim Siapkan Anggaran Rp 1 Miliar Untuk Majukan Industri Garam Rakyat

Menanggapi hal tersebut Kepala BBPOM di Mataram menyampaikan sejumlah program yang dapat dimanfaatkan pelaku UMKM di Lombok Timur untuk meningkatkan kualitasnya. BBPOM menekankan pada mutu dan keamanan pangan pada produk-produk UMKM. Apalagi menjelang perhelatan internasional MotoGP.

Terkait itu pula ia meminta penyuluh keamanan dan pengawasan pangan yang pernah mendapat pelatihan diberdayakan melakukan penyuluhan, utamanya di sarana kuliner untuk memastikan keamanan pangan yang dikonsumsi masyarakat dan wisatawan.

Aryapatni juga menyampaikan pihaknya melakukan pengawalan terhadap pencapaian target vaksinasi menyangkut kualitasnya. BBPOM akan melakukan supervisi penyimpanan vaksin pada keadaan darurat.

Hal tersebut untuk menghindari menurunnya kualitas vaksin yang akan diberikan kepada masyarakat karena kesalahan penyimpanan. Ia menekankan jangan sampai target pencapaian vaksinasi mengabaikan mutu dan kualitas vaksin.

Kunjungan Kepala BBPOM di Mataram juga diterima Sekda, Asisten bidang ekonomi pembangunan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, serta Kepala Dinas Kesehatan.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments