Selasa, Mei 28, 2024

KKNT UNRAM Optimalisasi Objek Wisata Air Terjun Batu Santek

BARBARETO.com | Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Universitas Mataram (UNRAM) Tahun 2022 di Desa Pakuan, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat (Lobar) dengan tema “Pariwisata dan Lingkungan”, melakukan optimalisasi Air Terjun Batu Santek untuk meningkatakan pariwisata.

Desa Pakuan memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang sangat melimpah mulai dari pertanian, kehutanan, hingga pariwisata.

Destinasi wisata yang dapat ditemukan seperti Mushalla Cina, Goa Pengkoaq, dan air terjun.

Beberapa air terjun yang ada yaitu Batu Santek, Jaran Kurus, Tibu Bunter, Elen Pati, dan Segenter.

Air Terjun Batu Santek memiliki keindahan tersendiri dan menjadi salah satu destinasi yang diminati wisatawan karena keindahan alamnya.

Sepanjang jalan menuju Air Terjun Batu Santek disuguhi pemandangan dan persawahan yang luas.

Di sekitar air terjun terdapat bebatuan dan air yang jernih. Wisatawan akan merasakan kesegaran air dan ketenangan setelah lelah menempuh perjalanan menuju Air Terjun Batu Santek.

Sehingga banyak wisatawan berkunjung ke Air Terjun Batu Santek yang kaya akan keindahan alamnya.

Akan tetapi semenjak adanya Covid-19, Air Terjun Batu Santek menjadi sepi pengunjung dan kurang terawat dengan baik.

Banyak tumbuhan liar dan tanah yang menumpuk sehingga menghalangi perjalanan menuju track ke Air Terjun Batu Santek.

Baca juga: Mahasiswa KKN Unram Desa Gondang Membuat Pestisida Alami Dari Tanaman Mimba

Hadirnya mahasiswa KKN Tematik UNRAM 2022 Desa Pakuan yang bertemakan Pariwisata dan Lingkungan untuk memecahkan suatu permasalahan yang terjadi.

Solusi yang dapat kita ambil dalam permasalahan tersebut yaitu dengan pengoptimalan wisata Air Terjun Batu Santek Di Desa Pakuan.

Adapun program kerja yang dapat dilakukan mulai dari pembersihan lahan menuju area air terjun sampai bagian sekitar air terjun.

Pembersihan yang di lakukan bertahap dari pemotongan rerumputan liar hingga pada tahapan peroundapan.

Selanjutnya, adanya pembuatan spot foto dari beraneka macam tumbuhan yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat indah di pandang.

Serta tidak lupa adanya pembuatan bak sampah dan plang-plang yang di tujukan sebagai petunjuk arah sehingga para wisatawan tidak perlu merasa khawatir. akan salah arah.

Lalu, saat memasuki area track di sebelah kanan, kita akan di suguhi oleh camping ground yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk bersantai dan menikmati suasana malam air terjun.

Karena, pada malam hari air terjun akan tetap terlihat sangat cantik dengan kehangatan api unggun.

Untuk menarik minat pengunjung ada beberapa macam strategi yang di lakukan seperti promosi sebagai peningkatan daya tarik Air Terjun Batu Santek.

Promosi yang di lakukan mulai dari promosi melalui sosial media seperti Instagram, Youtube, dan Media lainnya.

Selanjutnya, pada pembuatan video promosi ditunjukkan keindahan Batu Santek yang sangat luar biasa.

Dalam aspek ekonomi, kurang mendukung dalam pengoptimalan wisata Air Terjun Batu Santek karena biaya yang di keluarkan dalam pengembangannya tersebut butuh biaya yang cukup besar.

Itulah salah satu faktor penghambat yang sangat besar pengaruhnya dalam pengoptimalan wisata alam air terjun di Desa Pakuan.

Faktor pendorong dalam pengoptimalan Air Terjun Batu Santek ini adalah peluang yang besar jika di kembangkan secara baik dan benar.

Serta, dukungan biaya dari pihak desa maupun pemerintah untuk memajukan wisata air terjun ini yang awalnya sudah di kenal sehingga lebih lagi di kenal oleh masyarakat luar

Jadi, pengoptimalan wisata Air Terjun Batu Santek ini sangatlah di butuhkan dengan adanya kesadaran masyarakat dan pihak yang terkait bahwasanya peluang dari air terjun ini sangat besar.

Adapun kerjasama yang baik itu sangat diperlukan untuk meningkatkan dan memajukan destinasi wisata Air Terjun Batu Santek.

Di sarankan untuk mencari biaya dalam memelihara dan mendukung destinasi wisata alam Batu Santek.

Dibutuhkan suatu tindakan dalam pengoptimalan Air Terjun Batu Santek ini bukan hanya sekedar ucapan tetapi tindakan yang nyata dan bisa direalisasikan.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments