Kodim 1621/TTS, Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

1
161
Kodim 1621/TTS, Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual
Foto: Kodim 1621/TTS, Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

BARBARETO.com | Kodim 1621/TTS, ikuti Upacara Virtual Reality Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 yang dilaksanakan secara terpusat di Lapangan Pancasila Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), dengan inspektur upacara Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, Rabu (1/6/2022).

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini merupakan yang pertama dilaksanakan di luar Gedung Pancasila, Jakarta.

Sementara komandan upacara diemban oleh Kolonel Inf Tunjung Setyabudi yang saat ini menjabat sebagai Komandan Brigade Infanteri/21 Komodo, Kodam Udayana. Kemudian bertindak selaku pembaca naskah Pancasila adalah Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR Lodewijk Frederick akan membacakan naskah UUD 1945.

Kemudian, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia (Menko PMK) Muhadjir Effendy akan membacakan doa setelah pemberian amanat dari inspektur upacara.

Baca juga : Untuk Menjaga Kebugaran, Anggota Kodim 1621/TTS Olahraga Futsal

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk membumikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Dari Kota Ende saya mengajak seluruh anak bangsa di mana pun berada untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ungkapnya.

Presiden Jokowi mengungkapkan Ende merupakan kota bersejarah karena di kota inilah Soekarno, Presiden pertama RI, merenungkan dan merumuskan Pancasila.

“Yang kemudian disahkan oleh PPKI sebagai dasar negara dan mewariskan Pancasila bagi bangsa dan negara,” lanjut Jokowi.

“Tujuan hari lahir Pancasila adalah sebagai pengingat Pancasila sebagai pedoman untuk melaksanakan tugas dan kewajiban dimanapun kita berada. Untuk mengingat bahwa penerapan butir-butir Pancasila dapat menjaga negeri dari tantangan zaman Moderen serta Pelaksanaan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan Indonesia,” ujar Jokowi.

“Selamat memperingati hari lahir Pancasila, selamat membumikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” tutupnya. (Penulis Pendim 1621/TTS)

1 KOMENTAR