Kodim Klungkung Gencarkan Edukasi PMK

Kodim Klungkung Gencarkan Edukasi PMK

BARBARETO.com | Merebaknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) saat ini menjadi salah satu pekerjaan rumah yang harus segera diatasi.

Tidak hanya dalam pencegahan maupun penanganan langsung pada hewan ternak saja, namun edukasi dan informasi yang benar kepada masyarakat merupakan salah satu prioritas Kodim Klungkung dalam menerapkan strategi penanganan PMK.

Hal tersebut disampaikan Babinsa desa Manduang Serda Komang Sudiarsa saat menyambangi Bapak Dewa Rai salah satu peternak babi di wilayah binaannya, Kamis (04/08/22).

“Disamping melaksanakan pengecekan kesehatan ternak, dirinya berupaya menggencarkan edukasi kepada masyarakat, baik menyangkut pencegahan dan penanganan PMK maupun informasi tentang perkembangan wabah PMK di wilayah lain,“ terangnya.

Baca juga: Babinsa Kodim Klungkung Pantau Ketersediaan Beras di Bulog Banjarakan

Sementara itu, Dandim Klungkung, Letkol Inf Suhendar Suryaningrat, S.H., M.Si., membenarkan bahwa dirinya menerjunkan para Babinsa jajaran untuk aktif sambang ke warga maupun kelompok peternak.

“Disana nantinya para Babinsa melaksanakan pengecekan hewan ternak serta mengedukasi warga dalam merespon kondisi PMK saat ini,” jelasnya.

Menurut Dandim, edukasi ini dilakukan sebagai upaya dalam menjaga masyarakat agar tetap tenang dan tidak khawatir karena informasi-informasi yang tidak tepat dan tidak dapat dipertanggungjawabakan tentang kasus PMK.

“Oleh karena itu dalam penanganan wabah ini memang sangat penting untuk mengedukasi masyarakat secara masif,“ pungkas Pamen TNI AD lulusan Akmil 2002 ini. (tra)