KPU Bali Bantu Warga Miskin di Jembrana

KPU Bali Bantu Warga Miskin di Jembrana

barbareto.com | KPU Bali dalam hal ini Divisi Hukum dan Pengawasan KPU kabupaten/kota se-Bali dipandu Kordiv Hukum dan Pengawasan KPU Bali, AA Gede Raka Nakula, Sabtu (12/3) melakukan aksi sosial yakni memberikan bantuan kepada warga miskin dan keluarga cacat di Kecamatan Pekutatan, Jemberana.

Pertama bantuan diberikan kepada keluarga ( sekeluarga) cacat mental di Dusun Pasut, Pengeragoan, Pekutatan yakni I Made Kuat (80) dan dua anaknya, yaitu I Wayan Suarta dan I Kadek Suarminta.

Kehidupan keluarga ini memprihatinkan karena mengalami cacat mental sekeluarga.

Bantuan diberikan melalui Kadus setempat, Komang Degdeg, karena medan menyulitkan untuk akses ke rumahnya.

Mereka diberikan bantuan berupa sembako, alat dapur, kasur, bantal dan pakaian layak pakai. Degdeg ucapkan terima kasih atas bantuan tersebut.

“Kami mewakili keluarga Made Kuat berterima kasih kepada KPU yang telah menunjukkan kepeduliannya membantu warga kami,” ujarnya kepada AA Gede Raka Nakula yang didampingi komisioner KPU kabupaten Jemberana, Nengah Suardana dan lainnya.

Baca juga : KPU Bali Gelar Rakor Penyusunan Produk Hukum

Tak kalah memprihatinkan kondisi keluarga I Putu Suwidana (38) di Desa/Kecamatan Pekutatan.

Rumah Suwidana tak layak huni. Rumah bagai gubuk reot ukuran 3×2,5 meter itu berdinding kampil dan sebagian tak berdinding, sehingga angin malam menganggu tidurnya.

Keluarga ini tidur berdesakan antara Suwidana, istrinya dan 3 anaknya. Sesekali Suwidana mengaku terpaksa tidur di serambi depan.

Rupanya susah untuk tidur nyenyak. Selain karena kondisi rumah menyebabkan sulit tidur juga karena Suwinda harus terbayangi oleh sulitnya menghidupi keluarga.

KPU Bali Bantu Warga Miskin di Jembrana

Dia mengaku sebagai pekerja serabutan dengan pendapatan sekitar Rp.50 sehari, itupun tak tentu.

“Kadang polih kerja, kadang ten, gae napi deen maan nyak kewala ngidaang hidup”, ujarnya polos dan meratapi nasibnya.

Namun dia mengaku ada yayasan yang akan membuatkan rumah. Suwidana berterima kasih kepada KPU yang telah peduli dengannya.

“Terima kasih kepada KPU,” ujar Suwidana yang rupanya dengan perasaan bercampur aduk menerima kehadiran KPU dengan motor gede langsung ke halaman rumahnya.

Kordiv Hukum dan Pengawasan KPU Bali, AA Gede Raka Nakula saat menyerahkan bantuan mengatakan perlunya berbagi kasih dengan sesama.

Meski bantuan tidak besar ( dari urunan Divisi Hukum dan Pengawasan dan sumbangan sukarela dari divisi lainn) diharapkan dapat meringankan beban mereka.

KPU saat itu menggunakan sepeda motor dan mobil. Sempat berrefreshing di Bunut Bolong dan istirahat makan di pantai selatan. Dari sana rombongan yang juga ada dari divisi lain dan dari sekretariat KPU itu bubar setelah makan siang dipantai.( sum)