Rabu, April 24, 2024

Layanan Kesehatan di Lombok Timur Dipastikan Buka Selama Cuti Lebaran

BARBARETO.com – Pemerintah Kabupaten Lombok Timur memastikan semua Fasilitas Kesehatan yang ada di Bumi Patuh Karya tetap membuka pelayanan selama libur dan cuti lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan Lombok mengatakan, ada beberapa poin yang ditekankan dalam meningkatkan kewaspadaan pada puncak arus mudik dan cuti lebaran 2023, diantaranya Kesiap siaggaan faskes harus tingkatkan kesiap siaggaan, Menginstruksikan bagi Puskesmas giliran berjaga, Meminta kesiapsiagaan logistik dan prasarana penunjang, serta peningkatan kewaspadaan Puskesmas pada daerah pariwisata.

“Pelayanan Puskesmas semuanya tetap buka selama masa cuti lebaran, hal tersebut sudah jauh hari kami sampaikan kepada setiap Faskes,” Kata Kepala Dinas Kesehatan Lombok Timur, H. Pathurrahman Selasa (18/04/2023).

Berbeda dari tahun sebelumnya Lanjut Pathurrahman, mobilitas masyarakat pada ramadhan tahun ini sangat tinggi, untuk itu pihaknya juga menyiapkan personil di beberapa pos penjagaan baik yang di Terara, Masbagik, Selong bahkan hingga ke Pelabuhan Kayangan arus mudik 2023 guna menjaga kemungkinan.

“Kami juga siapkan teman-teman Puskesmas yang berdekatan untuk menyiapkan logistik pelayanan bagi masyarakat,” jelasnya.

Senada dengan Dinas Kesehatan, RSUD Soedjono Selong juga tegaskan membuka pelayanan pada cuti lebaran, terutama pada Unit Gawat Darurat (UGD), bahkan RSUD juga memfasilitasi ambulance bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Kami sudah bentuk Tim dalam pelaksanaan cuti lebaran terutama di UGD, RSUD juga siap memfasilitasi ambulance sekiranya ada yang membutuhkan,” ujar Direktur RSUD Soedjono Selong dr. Hasbi Santoso.

Tak hanya itu, khusus untuk pelayanan ibu dan anak, RSUD menyiapkan contact khusus yang bisa diakses yakni 119, yang disiagakan untuk memastikan pelayanan prima.

“Layanan gawat darurat di RSUD untuk ibu dan anak kami tambah,bahkan bisa diakses lewat telepon seluler,” pungkas dr. Hasbi.

Follow kami di Google News

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments