Jumat, April 12, 2024

Nataru 2023, Momentum Masyarakat Lombok Timur Kenalkan Destinasi Wisata

BARBARETO.com – Menjelang malam Natal dan Tahun Baru (Nataru)2023, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Lombok Timur, Lalu Iswan Rahmadi mendorong masyarakat manfaatkan momentum tersebut.

Hal ini dikarenakan pada tahun-tahun sebelumnya, pusat keramaian untuk Nataru memang selalu berpusat pada Lombok Barat sebagai kiblatnya.

Namun khusus tahun ini Kadispar mendorong masyarakat Lombok Timur memanfaatkannya untuk memperkenalkan potensi wisata yang ada di daerah, Terlebih dengan banyaknya potensi yang ada di daerah.

“Seperti tahun baru ini, kita serahkan semua ke masyarakat, jika ingin mengadakan kegiatan kami suport itu,” terang Kadispar Lotim, L. Iswan Rakhmadi Kepada Barbareto.com, Kamis, (21/12/2022).

Lanjut Iswan, Yang diperlukan Lombok Timur saat ini untuk mengembangkan wisata adalah wisata yang mulai dibangun di masyarakat.

Karenanya, momen seperti Nataru 2023 menjadi momen yang dikatakannya tidak boleh di sia-siakan.

“Banyak momen seperti Nataru ini misalnya, harusnya masyarakat kita memanfaatkan momentum itu,” ucapnya.

Berbicara destinasi yang ada di kabupaten Lombok Timur, Papar Iswan sangat banyak.

Akan tetapi ada destinasi juga yang terbagi kepada kewenangan kewenangan yang di kelola oleh masing-masing daerah.

“Misalnya di Kecamatan Sembalun itu kan kalau pendakian dan sebagainya di bawah TNGR, kemudian ada beberapa bukit itu di bawah KPH Rinjani Timur,” paparnya.

Sadar akan permasalahan tersebut, Pemda tidak bisa berpikir sendiri untuk mengoptimalkan wisata yang menjadi kewenangannya.

Untuk itu perlu dukungan dari masyarakat, dari masyarakat itulah akan nampak bagaimana wajah wisata yang akan di kelola, boleh jadi Pemda juga akan kemudian mensuportnya seperti penjadwalan event yang masuk dalam kalender wisata.

Karena memang kendala keterbatasan anggaran hingga dispar hanya memberikan anggaran kepada beberapa event yang sudah terjadwalkan saja.

“Untuk nataru tentu kami pada prinsipnya menyiapkan diri beberapabtempat wisata yang menjadi kewenangan kami, caranya kami bertugas dari sisi kebersihan dan lain sebagainya, juga untuk keamanannya, dari pihak kepolisian sendiri kemarin sudah melakukan rapat untuk kesiapan pengamanan pada malam Nataru,” pungkas Iswan.

Baca berita lainnya di Google News

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments