Kamis, Februari 22, 2024

Pemda Lotim Salurkan Donasi Buat Gempa Cianjur

BARBARETO.com – Selong. Pemerintah Kabupaten Lombok Timur bersama masyarakat Mengumpulkan donasi untuk korban gempa Kabupaten Cianjur Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Langkah tersebut dilakukan sebagai bentuk empati masyarakat Lombok Timur terhadap korban gempa, terlebih pada 2018 lalu pulau Lombok juga sempat diguncang Gempa.

Bupati Lombok Timur didepan Awak media memaparkan, jumlah donasi yang terkumpul sampai tanggal 9 Desember mencapai 1,2 miliyar lebih yang bersumber dari semua OPD serta masyarakat dan satu Lembaga Swadaya Masyarakat yakni Inspiratif Lombok Smart ( ILS).

“Jumlah yang terkumpul merupakan kombinasi dari masyarakat, OPD dan satu LSM,” papar Sukiman Azmy Jum,at (09/12/2022).

Sementara Lanjut Sukiman, 21 Kecamatan dengan donasi terbanyak ialah Kecamatan Suralaga dengan besaran sebanyak 119 juta, diikuti kecamatan Wanasaba dengan 75 juta serta Kecamatan Selong 59 juta, diposisi terakhir adalah Masbagik 15 juta.

“Dari 21 kecamatan, Suralaga memiliki sumbangsih tertinggi, sedangkan yang terendah adalah Kecamatan Masbagik,” ujarnya.

Masih kata Sukiman, saat ini Pemda Lotim masih membuka donasi untuk Korban Gempa Cianjur sehingga terjadi peluang penambahan.

“Pertanggal ini masih dibuka donasi untuk korban, sehingga sewaktu-waktu terjadi perubahan besaran jumlah donasi tersebut,” imbuhnya.

Teknis pengiriman terang Sukiman, berdasarkan pengalaman penanganan gempa masyarakat lebih mengetahui kebutuhannya sendiri, karenanya Pemda Lotim akan memberikan secara cash uang tersebut kepada Bupati Cianjur langsung.

Mengingat sebelumnya Pemprov NTB sudah memberikan bantuan dengan nilai 800 juta dengan memberdayakan UMKM diberdayakan.

“Belajar dari pengalaman, Korban yang lebih mengetahui kebutuhannya, karenanya kita akan memberikan secara cash,” ujarnya.

Nantinya donasi tersebut akan langsung diantarkan Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Perkim serta Kepala Pelaksana BPBD Lombok Timur sembari membagi ilmu tentang penanganan pasca gempa, serta pendampingan taruma healing terhadap korban.

“Yang punya ‘gawe’ (Acara, red) adalah Dinsos, didampingi BPBD serta Dinas Perkim,” imbuhnya.

Lebih jauh dijelaskan pria yang digadang-gadang bakal maju menjadi calon Gubernur NTB, itu pihaknya mengapresiasi penuh partisipasi masyarakat serta ASN dalam membantu masyarakat yang terdampak Gempa.

“Kami berikan apresiasi penuh terhadap jajanan ASN serta masyarakat atas partisipasinya dalam meringankan beban masyarakat Cianjur,” pungkas Sukiman.

Baca berita lainnya di Google News

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments