Usai Karya IBTK Besakih, Bupati Dana Ajak OPD Karangasem Gotong Royong

0
187
Usai Karya IBTK Besakih, Bupati Dana Ajak OPD Karangasem Gotong Royong
Foto : Bupati Dana Ajak OPD Karangasem Gotong Royong bersihkan Areal Kawasan Suci Pura Besakih, Areal Bencingah, Pura Hyangaluh Prajapati, Pura Kiduling Kreteg, serta Pura lainnya, Jumat (8/4/2022).

barbareto.com | Usai Karya Penyineban Ida Bhatara Turun Kabeh, Bupati Karangasem mengajak jajaran OPD Pemkab Karangasem untuk bergotong royong dan pembersihan serentak di Areal Kawasan Suci Pura Besakih, Areal Bencingah, Pura Hyangaluh Prajapati, Pura Kiduling Kreteg, serta Pura lainnya, Jumat (8/4/2022).

Hal ini juga sehubungan dengan intruksi Gubernur Bali dalam Program Jana Kerthi sebagai pelaksanaan Tata-titi kehidupan masyarakat Bali berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal dengan diadakannya kegiatan Gotong Royong pembersihan serentak menjelang Hari Raya Tumpek Landep.

“Kegiatan ini tujuan utamanya tentu agar menciptakan suasana bersih dan nyaman di areal tempat suci Pura Besakih, meskipun sudah ada petugas kebersihan namun kita juga harus turut andil berpartisipasi untuk menjaga kebersihannya,” ujar Bupati Gede Dana.

Baca juga : Bupati Dana Blusukan ke Sekolah dan Puskesmas

Untuk memberi tauladan, Bupati Gede Dana juga turut aktif dan tanpa canggung ikut menyapu serta mengangkut sampah yang didominasi sampah plastik ke tempat pembuangan.

Menurut Bupati Dana, karena ini merupakan Pura terbesar dan kawasan suci dan disucikan bagi umat Hindu, maka umat beramai-ramai datang untuk berdoa menyembah kepadaNya agar diberikan keselamatan, kerahayuan, dan kesejahteraan.

Namun di satu sisi, masih ada perilaku masyarakat yang kurang sadar menjaga kebersihan kawasan suci ini.

Bupati berharap, kehadirannya bersama seluruh Kepala dan Staf OPD Pemkab Karangasem dapat memberi edukasi kepada masyarakat, khususnya para pemedek mengenai arti kebersihan karena menjaga kesucian itu erat kaitannya dengan menjaga kebersihan.