Di Hadapan Kapolda NTB, Bupati Sukiman Sampaikan Tidak Ada Ideologi Radikal di Lotim

Di Hadapan Kapolda NTB, Bupati Sukiman Sampaikan Tidak Ada Ideologi Radikal di Lotim

barbareto.com | Bupati Kabupaten Lombok Timur, H. M. Sukiman Azmy menerima kunjungan kerja Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Nusa Tenggara Barat (NTB) Irjen. Pol. Djoko Poerwanto.

Kunjungan dimaksudkan bersilaturrahmi dengan Forkopimda dan Tokoh Masyarakat Lombok Timur.

Kapolda dan rombongan diterima di Pendopo Bupati, Selasa (29/3).

Bupati, dalam kata-kata penerimaannya, menyampaikan gambaran umum dan dinamika Lombok Timur.

Disebutnya, kondisi Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial Budaya, Pertahanan Keamanan (Ipoleksosbudhankam) di Lombok Timur berjalan dengan baik.

Ia memastikan relatif sudah tidak ada deradikalisasi dalam ideologi, meski diakui juga beberapa waktu lalu ada ponpes yang tidak mau mengibarkan bendera merah putih dan menyanyikan lagu Indonesia Raya di lingkungan pondok pesantren.

“Kondisi ideologi tidak ada radikal di sini, meskipun beberapa waktu yang lalu masih ada Ponpes yang belum mengibarkan bendera merah putih dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dipastikan sekarang sudah tidak ada lagi, semua sudah NKRI harga mati,” tegasnya.

Baca juga : Ciptakan WBK, Polres Lotim Bangun Gedung One Stop Police Service

Bupati juga menyampaikan kondisi ekonomi di Lombok Timur selama pandemi.

Dibanding kabupaten/kota lain yang memiliki kendala aspek ekonomi yang hanya bertumpu pada sektor pariwisata, Lombok Timur selama pandemi masih bisa mempertahankan perekonomian masyarakat karena bertumpu pada pemberdayaan potensi lokal dengan mengintegrasikan sektor-sektor pertanian, perikanan, kelautan, dan sumber daya alam lainnya.

Di sisi lain Bupati mengakui angka kemiskinan di Lombok Timur masih cukup tinggi.

Apalagi ditambah pemulangan TKI selama pandemi.

Patut mendapat perhatian, menurut Bupati adalah kerukunan umat beragama.

Menuntaskan berbagai persoalan tersebut, Bupati berharap kerja sama berbagai pihak, sehingga hal-hal riskan tersebut bisa diselesaikan bersama.

Ia menyebut pula bahwa koordinasi antar Forkopimda berjalan dengan baik.

Kapolda mengapresiasi kondisi Lotim saat ini, bahkan bangga dan berharap dapat bekerja sama dengan masyarakat di daerah ini.

Sebelum menuju Pendopo, Kapolda melakukan peletakkan batu pertama pembangunan gedung One Stop Police Service Polres Lombok Timur Sarja Arya Racana dan melaunching Pelayanan Kepolisian Si Hayati.