Disnakkeswan Lotim Pastikan Ketersediaan dan Kehigienisan Daging Jelang Ramadhan

Disnakkeswan Lotim Pastikan Ketersediaan dan Kehigienisan Daging Jelang Ramadhan

barbareto.com | Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Kabupaten Lombok Timur (Lotim) memastikan ketersediaan daging pada Bulan Ramadhan memadai, mengingat Data terakhir Disnakkeswan Lotim terdapat 160.000 ekor daging sapi serta 7,5 juta unggas yang siap potong.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lombok Timur, Ir. Mashur.

“Stok daging kita selama Ramadhan memadai,” jelasnya Rabu (30/03/2021).

Baca juga : Berikut Rincian Jam Kerja ASN Selama Bulan Ramadhan 2022/1443 Hijriah

Lanjut Mashur, tak hanya ketersediaan stok yang di jamin, tingkat kehigienisan ternak di Lombok Timur juga dipastikan aman, kendati Rumah Potong Hewan (RPH) masih tradisional, akan tetapi tahun ini Lombok Timur dapat merehabilitasi RPH yang pembiayaannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Tingkat kehigienisan juga sangat kami perhatikan, terlebih permintaan masyarakat terhadap daging pasti meningkat,” paparnya.

Masih kata Mashur, sirkulasi kebutuhan daging setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan terutama pada hari-hari besar, sehingga jauh hari dibutuhkan kesigapan untuk memperhatikan peredaran daging baik yang dari dalam maupun luar Daerah.

“Tentunya kesigapan Dinas Peternakan harus ditingkatkan guna memastikan peredaran barang berjalan lancar,” ujarnya.

Sementara harga daging di pasaran menjelang Ramadhan masih terbilang normatif, sehingga Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan akan berkoordinasi bersama Dinas Perdagangan untuk melakukan Bazar murah yang dimulai dari Kecamatan Keruak.

“Kalau harga sampai saat ini masih terpantau normatif,” tutupnya.