Verification: 6d292c29a6f70042

Home / Bali

Kamis, 22 September 2022 - 08:03 WIB

Wagub Cok Ace dan Jaya Negara Dampingi Kunjungan Menteri Perdagangan RI ke Pasar Badung

BARBARETO.com, Denpasar  – Wakil Gubernur Bali Prof. Tjokorda Oka Artha Adhana Sukawati (Cok Ace) bersama Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara mendampingi kunjungan Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan ke Pasar Badung, Rabu (21/9/2022) pagi.

Kunjungan Mendag Zulkifli Hasan dilaksanakan di sela-sela kegiatannya mengikuti pertemuan Menteri Perdagangan, Investasi dan Industri Negara G20.

Tiba di Pasar Badung, Menteri Perdagangan langsung menyapa sejumlah pedagang yang menjual kebutuhan pokok seperti bawang, cabai, minyak goreng, daging sapi, kambing dan ayam.

Berinteraksi dengan para pedagang, Mendag menanyakan harga jual sejumlah kebutuhan pokok tersebut.

Dari hasil pantauannya, ia menyimpulkan harga kebutuhan pokok pada pasar terbesar di Denpasar itu relatif stabil, bahkan cenderung lebih rendah dari harga di Pulau Jawa dan daerah lainnya.

Contohnya bawang merah berkualitas baik yang dijual dengan harga Rp. 25 ribu, menurutnya di Jawa masih di kisaran Rp. 30 ribu. Demikian pula harga cabai yang katanya lebih rendah dari Pulau Jawa dan daerah lain.

Baca juga  Terkait PTM, Wawali Arya Wibawa Minta Semua Pihak Ikut Melakukan Pengawasan

Hanya saja, Mendag mengakui bahwa jenis daging tertentu seperti kambing cukup mahal karena pemerintah masih menerapkan aturan ketat untuk mencegah meluasnya penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

“Masuknya kambing dari Jawa memang masih kita perketat, karena pemerintah ekstra hati-hati menyikapi PMK. Bali ini kan masih relatif aman, jangan sampai satwa dengan PMK masuk ke sini. Karena penularannya kan dengan berbagai cara, bisa dari satwanya langsung atau melalui kita. Jadi harus bersabar dulu,” ucapnya menanggapi keluhan seorang penjual daging kambing.

Kembali terkait stabilitas harga kebutuhan pokok di Pasar Badung, Mendag Zulkifli Hasan menyebut hal ini tak terlepas dari antisipasi yang dilakukan Pemprov Bali bersinergi dengan Kabupaten/Kota.

Baca juga  Wagub Cok Ace Ikuti Upacara Nuwasen Pemugaran Mudra Gelung Agung Kori Pura Besakih

Untuk itu, secara khusus ia mengapresiasi langkah-langkah yang ditempuh Pemprov dan Walikota Denpasar yang paham pasar sehingga cepat tanggap mengambil langkah untuk menstabilkan harga.

Ia sendiri, selalu menyempatkan diri berkunjung ke pasar-pasar di setiap daerah yang dikunjungi untuk memantau perkembangan harga bahan kebutuhan pokok.

“Dimana-mana, saya pasti mampir ke pasar agar bisa mengikuti perkembangan harga bahan pokok karena menyangkut hajat hidup masyarakat,” ucapnya.

Pada bagian lain, Mendag juga menyampaikan bahwa ketahanan pangan Indonesia saat ini masih terjaga dengan baik.

“Ketersediaan cukup, harga juga stabil,” ujarnya.

Ditambahkan olehnya, guna tetap menjaga ketahanan pangan, pemerintah tengah menggodok pembentukan BUMN yang bertugas membeli hasil pertanian saat harga di pasaran anjlok.

Dengan demikian, harga di petani akan tetap stabil dan mereka tetap bersemangat untuk bertani. (*/b)

Share :

Baca Juga

Bali

Gubernur Koster Berharap Garam Tradisional Bali Dikonsumsi Lebih Masif di Tingkat Lokal

Bali

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta Meninjau Pelaksanaan Tes Kompetensi PPPK Guru Tahun 2021 di SMKN 1 Bangli

Bali

Dalam Rangka HKGB ke-69 Bhayangkari Cabang Karangasem Laksanakan Bakti Sosial

Bali

Kembali, Kasus Positif Covid-19 Di Denpasar Bertambah 4 Orang

Bali

Sebanyak 90 Orang Pasien Covid-19 Sembuh di Kota Denpasar

Bali

Perkecil Celah Pelanggaran Hukum, Perbekel se-Kota Denpasar Tanda Tangani Kesepakatan Bersama Dengan Kajari Denpasar

Bali

Satgas TMMD ke-111 Gelar Penyuluhan Bahaya Teroris dan Paham Radikalisme

Bali

Dedi Mulyadi Pimpin Komisi IV DPR RI Kunjungan Kerja ke Penglipuran